Kamis, 09 Januari 2014

DKK - K3LH ( Posisi Duduk Saat Didepan Komputer)

Sedikit ulasan tentang  posisi duduk didepan komputer.
Dibawah ini saya akan menjelaskan tentang :
  • Posisi duduk yang benar saat didepan komputer
  • Posisi salah saat didepan komputer
  • Akibat posisi salah saat didepan komputer
  • Dan tambahan, yaitu relaksasi saat didepan komputer
Inilah penjabaran hal - hal diatas :)

1. Posisi duduk yang benar saat didepan komputer


a.  Bagian Kepala dan Leher
Aturlah agar posisi kepala dan leher tegak dengan pandangan lurus ke depan. Dengan posisi ini kita menjadi lebih nyaman di depan komputer dan tidak akan cepat lelah. Posisi kepala yang menengadah atau menunduk tidak dibenarkan karena akan membuat kita cepat lelah.

b.  Bagian Punggung
Duduk dengan tegak dan rileks merupakan posisi yang benar saat menggunakan komputer. Punggung yang membungkuk dapat menyebabkan rasa sakit.

c.  Bagian Pundak
Usahakan agar posisi pundak tidak terlalu ke bawah atau terlalu tegak.

d. Bagian Lengan dan Siku
Posisi lengan yang baik adalah di samping badan dan siku membentuk sudut lebih besar dari 90 derajat.

e. Bagian Kaki
Gunakan sandaran kaki atau footiest sehingga tungkai berada pada posisi yang nyaman








Agar kesehatan anda tetap terjaga, perlu diperhatikan hal-hal sebagai berikut.

  • Sesuaikan tinggi kursi dengan tinggi badan anda.
  • Usahakan agar jarak monitor dan mata minimal 80 cm.
  • Gunakan refresh rate monitor minimal 72 Hz agar mata tidak cepat lelah.
  • Gunakan kursi yang memiliki sandaran tangan.
  • Atur pencahayaan monitor.

2. Posisi Duduk Yang Salah

1. Leher yg tidak sejajar dgn Monitor

2. Monitor yang “menunduk”

3. Hiasan tanaman yang tidak pada tempatnya

4. KeyBoard membentuk sudut dg pergelangan tangan

5. Posisi sinar lampu yg tidak tepat

6. Punggung yang tidak bersandar

7. Menggunakan mouse terlalu jauh, mengakibatkan kejang otot lengan

8. Bantalan yang menekan sisi dalam paha

9. Kaki yang tidak menyentuh lantai

Inilah contoh - contoh posisi duduk yang salah saat didepan komputer :





3. Akibat Posisi Duduk Yang Salah Saat Didepan Komputer

  a.   Punggung cepat pegal /sakit
Kursi yang ga ada sandarannya bisa buat pinggang atau punggung cepet sakit lho? salah dalam posisi ini juga bisa berbahaya. salah - salah malah tubuh kita jadi bungkuk/melengkung. eungghh ada yang mau??



   b.  Mata cepat lelah
 Salah dalam posisi duduk kadang juga jadiin mata cepet lelah, kadang bisa berair. keluar air mata dengan sendirinya. tapi ini bukan nangis lho ya :v hanya mata kadang terasa berat. kalo udah gini nih, sebaiknya kita istirahat dulu yaahh :D


    c. Kepala Terasa Pening
Biasanya kalo kita terlalu dekat dengan monitor, kepala bisa terasa pening, entah ini karena pencahayaan atau apa. tapi kadang ini saya juga ngalamin lho. kolo udah gini bawaannya pengen refreshing. kalo ga bisa bahaya. apalagi kalo mau bangun, duhhh rasanya berkunang - kunang gitu..



       d. Cepat Ngantuk


      e.  Kesemutan & pegal pada tangan
Nah, kalo yang satu ini, biasanya kita salah dalam memegang mouse. kalo kelamaan kadang tangan bisa kesemutan dan susah digerakin. akibatnya tangan bisa melengkung - melengkung gitu deh.. xD kalo dibiarin lama - lama bisa jadi masalah yang serius lhoo? hati - hati yaa
 
     f. Leher terasa pegal dan berat

Pegal karena terlalu lama atau posisi salah dalam menggunakan komputer, bisa jadi masalah yang serius lho teman. usahakan kita bergerak beberapa menit untuk meregangkan otot - otot pada tubuh kita.



     g.   Mudah emosi / marah

Wah - wwah kalo yang ini memang iya, kadang kalo terlalu capek, sedikit ngelantur pula, bisa jadi kita cepet marah. heghegheg.. seperti orang ini nih.. :D




Sedikit tambahan :

Inilah trik atau cara agar tubuh kita tetap sehat ketika kita banyak didepan komputer. Usahakan sering- sering lakukan relaksasi ini yah.
Berapa banyak di antara kalian yang bekerja dengan duduk di depan komputer? Atau menjalani profesi yang identik dengan duduk lama seperti sekretaris, mahasiswa, penulis atau gamer bahkan sebagai kaskuser ??

Bagi Agan2 yang dengan rutinitas demikian, pernahkah agan2 merasa jenuh karena harus duduk lama menatap komputer atau bahan kerjaan? Atau sampai merasa pegal dan nyeri pada otot leher, bahu, lengan, punggung bawah, hingga sakit kepala? Bisa jadi hal tersebut muncul karena salah posisi duduk atau durasi kerja yang terlalu lama tanpa diselingi istirahat yang cukup.

Meski terlihat sederhana, keluhan-keluhan itu tidak boleh dianggap sepele. Posisi duduk yang tidak ergonomis, yakni leher terlalu menunduk, punggung terlalu bungkuk atau terlalu tegak, hingga tinggi bangku yang tidak pas dengan tinggi meja, akan mudah menimbulkan kelelahan otot. Dan bila dipertahankan dalam waktu lama, dapat timbul ketegangan otot (spasme) hingga rasa nyeri yang berlarut-larut. Bahkan, kondisi tersebut dapat berakibat pada penurunan daya dan semangat kerja, serta sulit berkonsentrasi.

Selain pada leher dan bahu, keluhan lain yang digarisbawahi oleh Tim Peneliti adalah nyeri pada punggung bawah (low back pain). Masalah ini memang klasik temukan akibat posisi duduk yang keliru. Kebanyakan orang duduk dengan posisi menyandar yang hanya pada punggung atas, sementara punggung bawah tidak memiliki tumpuan. Dengan posisi tersebut, otot punggung bawah akan berkontraksi (tegang) sebagai upaya kompensasi sehingga lama-kelamaan timbul nyeri.

Spoiler for posisi duduk salah:


Posisi duduk yang ideal memang mampu meningkatkan durasi kerja di depan komputer.

Spoiler for posisi duduk ideal:


Akan tetapi, otot-otot penopang (dalam hal ini otot leher, bahu, dan punggung) juga memiliki kapasitas dan akan menjadi lelah. Oleh sebab itu, Agan perlu melakukan latihan relaksasi stretching otot di sela pekerjaan.

Latihan ini sangat efektif bila dilakukan secara benar dan runut. Gerakan relaksasi cukup dilakukan selama 5 menit setiap bekerja 1,5-2 jam di depan komputer.

Berikut adalah contoh latihan stretching yang sederhana dan mudah diikuti. Agan dapat menempelnya di samping meja kerja guna mengingatkan pentingnya relaksasi di tengah sibuknya pekerjaan.

Quote:

Quote:

Quote:

Ingat, stretching yang baik harus mencakup semua otot: mulai dari leher, bahu, lengan, tangan, punggung, dan dada. Lakukan stretching secara perlahan hingga batas maksimal bisa agan capai. Rasakan otot tersebut teregang dan menjadi rileks, pertahankan selama beberapa detik. Bila awalnya terasa kaku, coba bantu digerakkan secara pasif dengan dorongan tangan. Namun, jangan paksakan bila muncul nyeri. Usai satu gerakan, lakukan gerakan antagonisnya lalu sisi sebelahnya.

Tak kalah pentingnya, agan pun harus mengistirahatkan mata dan pikiran sejenak. Memejamkan mata selama 2-3 menit terbukti efektif agar otot mata tidak kelelahan. Demikian juga dengan pikiran. Bekerja monoton dengan fokus penuh dapat menyebabkan agan jenuh dan kehilangan konsentrasi. Sembari melakukan gerakan relaksasi 5 menit, agan2 dapat mengalihkan sejenak pikiran agan dari kepenatan itu. Atau, berjalan-jalan ke meja kerja tetangga juga boleh dilakukan supaya tidak bosan.

Apakah agan2 mulai merasa lelah di depan komputer? Yuk, mari mulai bergerak dan lakukan relaksasi. Di samping terhindar dari risiko masalah kesehatan, Anda pun akan menjadi lebih produktif mengerjakan tugas di komputer.


Reuplad : Yunita Amalia
Cr : Berbagai sumber


Nah.. sekian dulu yah ulasan K3LH dari saya. maaf kalo kurang lengkap. bisa tinggalkan jejak? please dimohon ninggalin jejak yah? jangan jadi readers gelap xD :)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar